Minggu, 13 Januari 2013

Ayo Menanam Pohon

Oleh: Ginanjar Fadli
Pada bulan November 2012 lalu kita memperingati hari pohon sedunia. Banyak orang melakukan kegiatan penghijauan pada hari tersebut termasuk Presiden kita Bapak SBY dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2012 di hutan kota Terminal 3 Bandara Seokarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (28/11/2012). Presiden kita ternyata telah memberi contoh untuk melakukan penghijauan tapi apakah kita sudah memraktekkannya? Kalau belum kiat bisa memulainya dari sekarang. Lalu kenapa kita harus melakukan kegiatan tersebut? apa manfaatnya untuk diri kita? Tntu saja karena penghijauan merupakan hal yang penting untuk manusia dan mempunyai banyak manfaat. Berikut ini manfaat dari penghijauan:


1. Sebagai paru-paru kota. Tumbuhan menghasilakan O2 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dapat membuat udara menjadi segar.
2. Sebagai tempat tinggal bagi para binatang liar. Jika para binatang memiliki tempat tinggal itu berarti populasi mereka akan terjaga sehingga tidak mudah punah.
3. Sebagai penghias kota. Pohon-pohon besar yang terdapat di pinggir jalan membuat kota terlihat indah dan menarik para wisatawan.
4. Sebagai pelindung dari bencana alam. Pohon-pohon yang besar dan kokoh akan menjaga kita dari angin badai dan juga akarnya mencegah terjadinya banjir.

Tentusaja manfaat penghijauan tidak hanya itu saja. Masih banyak manfaan penghijauan yang sangat membantu kehidupan manusia. Lalu apa akibatnya jika tidak ada penghijauan? Tentusaja akibatnya sangat buruk dan merugikan bagi manusia. Jika tidak ada penghijauan maka tidak ada pohon. Jika tidak ada pohon maka akan terjai banjir, polusi udara di mana-mana, punahnya hewan-hewan liar dan yang paling parah adalah global warming. Ternyata banyak sekali kerugian yang di timbulkan jika kita tidak melakukan penghijauan. Karena itu marilah kita mulai menanam pohon dari sekarang agar terhindar dari berbagai hal negatif tersebut dan mendapatkan keuntungan dari penghijauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar