Minggu, 13 Januari 2013

Ayo Bersepeda

Oleh: Ginanjar Fadli
Akhir-akhir ini, kita melihat jalan raya di Jogja menjadi semakin macet. Selain itu polusi udara pun menjadi semakin meningkat akibat bertambah banyaknya volume kendaraan bermotor. Jika hal seperti ini terus dibiarkan, lama-kelamaan kota Jogja kita ini akan menjadi seperti Kota Jakarta. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Caranya yaitu dengan bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menarik dan diminati banyak orang. Beberapa negara maju seperti Jepang dan Belanda telah memraktekkan cara ini dan hasilnya sangat luar biasa. Kota mereka menjadi terlihat indah dan rapi. Serta polusi udarapun menjadi berkurang. Lalu kenapa kita tidak mencontoh mereka? Padahal selain itu bersepeda memiliki banyak manfaat, yaitu:
1. Menyehatkan Badan
Saat berepeda, tubuh kita akan aktif bergerak mengayuh pedal sepeda dan tangan juga ikut bergerak membelokkan stang. Hal ini membuat aliran darah kita menjadi lancar dan tubuh kita akan menjadi sehat.
2. Membakar Lemak
Ketika kita kita mengayuh pedal sepeda kita akan menggerakkan tubuh kita dan pada saat itu lemak dalam tubuh kita akan terbakar. Jika kita mengayuh lebih keras, maka lemak yang terbakar pun menjadi semakin banyak.
3. Mengurangi Resiko Kecelakaan
Kecepatan bersepeda biasanya sangat rendah sehingga resiko kecelakaanpun menjadi berkurang. Tidak seperti saat kita naik kendaraan bermotor yang bisa ngebut sesukanya. Hal tersebut sangat tinggi akan resiko kecelakaan.
4. Menguatkan Otot Kaki
Karena sering dilatih untuk mengayuh pedal sepeda, maka otot kaki akan menjadi semakin kuat. Apalagi jika kita sering mengayuh di tanjakan yang tinggi. Bisa jadi kita akan memiliki bentuk kaki yang indah.
5. Gembira
Bersepeda dapat membuat perasaan kita menjadi gembira karena dapat melihat pemandangan alam atau kota dengan tenang dan perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar